Friday 8 June 2012

Kerja Online Ketik CAPTCHA

  • TENTANG CAPTCHA
Sebelumnya, bagi yang memang serius, silahkan baca postingan ini dengan utuh dari atas sampai bawah, karena satu kesatuan, jangan ada yang lewat, bacanya pelan-pelan, nyantai aja ya :D


CAPTCHA yang merupakan singkatan dari "Completely Automated Public Turing test to tell Computers and Humans Apart" adalah jenis tantangan-response test untuk memastikan bahwa responden hanya dilakukan oleh manusia dan bukan oleh komputer. Dengan kata sederhana, CAPTCHA adalah uji verifikasi kata pada saat anda login atau sign up (mendaftar) seperti sign up di email atau forum-forum online. Ini adalah salah satu penerapan metode Turing Test yang digagas oleh Alan Turing di tahun 1950. Gunanya CAPTCHA adalah untuk memastikan bahwa pengisi formulir (misal e-mail) adalah benar-benar seorang manusia. Program komputer akan mengalami kesulitan dalam mengartikan huruf-huruf yang bengkok-bengkok atau bertumpuk sementara manusia masih dengan (agak) mudah membacanya. Berikut contoh captcha-nya.




Klik Show bagi yg ingin tahu lebih detail pengetahuan dasar atau teori dasar tentang CAPTCHA, kalau males bacanya krn banyak, ya spoilernya lewati aja gpp, yg penting dah tahu bentuknya captcha kek apa hehehe...
Sebelum ada CAPTCHA, spammer/hacker dapat membuat program untuk secara otomatis mengisi formulir seperti pendaftaran email gratis, sehingga ia akan memperoleh ribuan alamat email dengan mudah untuk kemudian disalah-gunakan. Atau untuk mengubah hasil sebuah polling online, seseorang bisa saja membuat program sederhana untuk mengisi polling tersebut dengan jawaban yang sama sebanyak ribuan atau bahkan jutaan kali. Akibatnya polling itu tentu saja menjadi tidak valid.

Untuk mencegah program seperti itu, kini semua formulir akan menampilkan CAPTCHA berupa gambar huruf-huruf bengkok atau saling menyambung yang sukar dibaca oleh program atau komputer, namun (relatif) mudah dibaca manusia. Jika isian dari pengisi formulir sesuai dengan gambar yang ditampilkan, maka kemungkinan besar pengisi formulir adalah seorang manusia, bukan program komputer.

CAPTCHA biasanya dibuat secara otomatis secara acak setiap kali ada orang yang masuk halaman formulir di web, sehingga hampir tidak ada dua CAPTCHA yang serupa. Ini membuat jumlah kombinasi yang mungkin muncul sangat-sangat banyak, sehingga hampir tidak mungkin untuk membuat program yang mampu mengingat dan menjawab CAPTCHA yang akan muncul.
Selain CAPTCHA visual yang sering kita jumpai, ada juga versi audio bagi penyandang cacat mata, dengan prinsip yang kurang lebih sama.

Saat ini ada inisiatif untuk memanfaatkan CAPTCHA untuk tujuan positif. Untuk menyelamatkan arsip-arsip penting didunia, di banyak negara kini ada pihak yang bertanggung jawab untuk mengubah format arsip yang sudah ada (buku, dokumen tercetak) ke format digital (file komputer). Dua kendala utama yang muncul adalah banyaknya jumlah arsip yang tersimpan selama ratusan tahun, serta kualitas cetakan yang buruk sehingga hasil scan-nya sukar dikenali oleh komputer. Dengan gabungan kedua kendala itu, hampir tidak mungkin membayar tenaga manusia untuk membaca secara manual arsip yang gagal dibaca komputer.

Untuk mengatasinya kini muncul re-CAPTCHA, sebuah sistem yang bekerja sama dengan Google Books dan The Internet Archive, dimana hasil scan arsip yang gagal dibaca komputer dimunculkan sebagai CAPTCHA, lalu hasil isian itu dianggap sebagai teks yang hilang/tak terbaca. Agar yakin teks itu benar, biasanya tidak hanya satu jawaban yang dipakai, melainkan hingga sepuluh atau lebih jawaban yang sama.

Ini menjadi solusi win-win bagi semua pihak. Bagi pemilik web dengan formulir, ia mendapat CAPTCHA yang sudah tidak bisa dikenali oleh komputer super canggih yang dipakai untuk proses digitalisasi arsip, sehingga hacker juga kesulitan membuat program yang mampu membacanya. Dan bagi pihak pengubah format arsip, dengan begitu banyaknya formulir yang diisi diseluruh dunia tiap harinya, re-CAPTCHA dapat membantu digitalisasi arsip dengan cepat dan gratis.


Jadi saat mengisi formulir di website yang bekerja sama dengan re-CAPTCHA, Anda sudah turut membantu menyelamatkan arsip dunia bagi anak cucu kita semua nanti.

Sayangnya setelah diimplementasikan sekian tahun, sistem CAPTCHA sudah mulai menunjukkan beberapa kelemahan. Perkembangan hardware dan software membuatnya tidak lagi terlalu sukar untuk dipecahkan oleh program. Apalagi kini muncul perusahaan-perusahaan atau layanan decaptcher di dunia ketiga yang bersedia memecahkan CAPTCHA dengan biaya yang sangat murah. DeCaptcher.com bersedia memecahkan CAPTCHA dengan hanya US$2 per 1000 CAPTCHA. Untuk mengatasinya, saat ini beberapa pihak seperti Universitas Carnegie Mellon dan Penn State sedang mengembangkan CAPTCHA yang berbasis gambar, bukan lagi huruf.

Tentang re-CAPTCHA menurut GOOGLE. baca link ini
 
Dari link diatas , Penjelasan ReCaptcha menurut Google sebagai berikut.
  • reCAPTCHA adalah sebuah fasilitas internet yang membantu untuk mendigitalkan buku-buku, surat kabar maupun siaran radio lawas..berupa 'teks tedistorsi' dimana kita harus mengetik teks tersebut untuk menjalankan perintah.


  • Sebuah CAPTCHA adalah program yang dapat memberitahu apakah user adalah seorang 'manusia asli' atau 'script komputer yang sudah diprogram'.


  • CAPTCHA digunakan banyak website untuk mencegah penyalahgunaan dari "bot" atau program otomatis yang biasanya ditulis untuk menghasilkan pesan-pesan spam pada internet.


  • Tidak ada program komputer yang dapat membaca teks terdistorsi sebaik mata manusia, sehingga bot tidak akan dapat menavigasi situs yang dilindungi oleh CAPTCHA

Dari situ diketahui bahwa salah satu fungsi reCAPTCHA adalah untuk mendigitalisasikan buku-buku pengetahuan bersejarah yang diterbitkan sebelum adanya komputer..



Bagaimana prosesnya digitalisasinya? 

 
Penjelasan ada di bawah ini..
Mula-mula, buku yang ingin didigitalisasikan discan dulu menggunakan scanner..


Setelah discan, gambar yang dihasilkan diubah menjadi teks komputer menggunakan software Optical Character Recognition (OCR)..


masalahnya disini, hasil OCR belum tentu perfect..masih ada sebagian kata yang belum bisa diterjemahkan.. Naahh..saat inilah program reCAPTCHA dibutuhkan..

reCAPTCHA membantu proses digitalisasi buku dengan mengirim kata-kata yang tidak dapat dibaca oleh komputer ke Web dalam bentuk CAPTCHA untuk diuraikan sendiri oleh manusia.
Lebih jelas lagi, setiap kata yang tidak bisa dibaca dengan benar oleh OCR akan ditempatkan pada gambar dan digunakan sebagai CAPTCHA. Hal ini dimungkinkan karena sebagian besar program OCR memberitahukan Anda bila kata tidak dapat dibaca dengan benar.
Lalu jika memang teks tersebut tidak bisa terbaca, lantas bagaimana sistem CAPTCHA mengetahui bahwa teks yang diketik user pada CAPTCHA itu benar/salah?..
Caranya adalah dengan menggunakan 2 kata pada setiap captcha. Kata pertama adalah kata yang memang sudah terbaca pada OCR, sedangkan kata kedua adalah kata yang belum terbaca.


User kemudian diminta untuk mengetik kedua kata tersebut pada CAPTCHA. Jika mereka berhasil memecahkan kata pertama (yg sudah diketahui), maka sistem juga menganggap jawaban mereka adalah benar untuk kata kedua . Sistem kemudian memberikan gambar tersebut kepada orang lain untuk diselesaikan, dengan menambah jumlah kemungkinan bahwa kata kedua memang 'itu' jawabannya..dst..

Oleh karena itu, sebaiknya kita jangan sering-sering salah dalam menulis CAPTCHA..nanti proses digitalisasinya ga selesai-selesai lagi..

  •  KERJA NGETIK CAPTCHA
Kenapa Kerja? iya karena kita bakal dibayar sob :) , dan ini bukan bisnis tapi bener-bener kerja, karena kalau bisnis itu kita setor duit lalu kita ongkang-ongkang kaki nunggu profit , itupun kalau ga nipu , karena pada umumny bisnis online selalu berujung SCAM. Sedangkan kerja ngetik captcha kita bener-bener kerja biar dapat upah, jika ga kerja ya ga dapat upah. Kerja Online ngetik CAPTCHA merupakan salah satu cara menghasilkan income/pendapatan di dunia online/internet, dan bagi saya yg sudah lama menekuni dunia online earning, kerja ngetik captcha ini saya akui yg terbaik & paling realistis dibandingkan yg lainnya seperti PTC,HYIP,Forex,atau MLM online, karena ngetik captcha disini hampir tidak ada resiko , modal 0 rupiah dan tidak pusing dgn urusan balik modal apalagi loss/rugi bahkan SCAM/penipuan.  Kerjanya cuman mengetik captcha (seperti contoh gambar diatas) yg sebenernya kita secara ga langsung membantu digitizing book sehingga nggak perlu takut SCAM/nipu/gulung tikar, karena anda benar2 dibayar untuk itu. Yang anda perlukan disini hanya komputer yang terhubung internet dan bisa ngetik, lebih baik lagi bisa ngetik cepat. 

 Kerjaan ini cocok untuk : 
  1. orang yang ulet, tekun , ga pernah putus asa, sabar, dan rajin
  2. orang yang ingin mendapat income baik utama maupun sampingan
  3. orang yang bener-bener sangat menghargai waktu
 Kerjaan ini tidak cocok untuk : 
  1. orang yang malas dan ga telaten
  2. orang yang pengin cepet kaya dalam sekejap
  3. orang yang dah kelebihan duit :)
Seperti yang dijelaskan di bagian awal yg dispoiler diatas, banyak sekali berdiri decaptcher - dechaptcher captcha dimana mereka berfungsi sebagai deCAPTCHA. Contoh-contoh decaptcher-decaptcher service antara lain deathbycaptcha, decaptcher, captchatrader , antigate dll. Dari decaptcher service itu biasanya mendistribusikan ke perusahaan-perusahaan captcha. Perusahaan-perusahaan captcha juga banyak sekali seperti kolotibablo yang ngambil stok captchanya dari deathbycaptcha dan antigate , pixprofit yang ngambil stok captchanya dari decaptcher , dan masih banyak lainnya. 

jadi secara singkat alur sistemny sebagai berikut.

Kita yg ngetik (worker) >> perusahaan captcha >>decaptcher >> client

Client membayar decaptcher, decaptcer membayar perusahaan captcha, dan perusahaan captcha membayar kita, istilah pembayaran gaji kita namanya payout disingkat PO Tentunya pake duit ya ,hehehe....

Sobat blogger ga usah terlalu mikirin apa itu decaptcher dan client, yg penting kita sebagai worker tahu tentang perusahaan captcha (captcha company), karena kita nantinya berhubungan langsung dengan perusahaan captcha.

Bagaimana alur pembayarannya sampai masuk ke kantong kita? Silahkan baca sampai bawah ya. 

OK, dilanjut bacanya, kita bahas dulu tentang perusahaan-perushaan captcha. Tiap perusahaan captcha pasti ada positif dan minusnya, sobat blogger bebas memilih perusahaan captcha yang ada sekarang ini. berikut daftar perusahaan-perusahaan captcha beserta deskripsinya dan fasilitasnya.


MEGATYPERS / PROTYPERS
  • Megatypers (sering disingkat MEGA) adalah perusahaan captcha yang akan membayar anda apabila anda mengetik kata-kata Captcha tersebut dengan benar. Megatypers merupakan captcha company paling favorit saat ini dan cocok juga buat para pemula.
  • Websitemegatypers atau protypers. Keduanya sama aja satu perusahaan.
  • Rate (upah) :
          variatif antara $0.5x - $1.xx per 1000 captcha correct.
          selengkapnya lihat di postingan tentang megatypers disini

  • Rate MEGA sifatnya tidak permanen ya, sekarang rate mega cenderung fluktuatif kadang naik kadang turun, silahkan cek di halaman statistik webnya :D
  • Minimum Payout : Minimal balance mencapai $3 (sebaiknya lebih dikit)
  • Lama Pembayaran : proses pembayaran seminggu sekali tiap selasa pagi waktu indonesia ( kalau tidak delay ) . Tutup buku hari senin jam 11.00 WIB, jadi kalau selasa pagi pengin dapat upah, hari senin sebelum jam 11.00 WIB balance harus sudah $3++, jika belum maka akan diakumulasikan utk upah minggu depannya.
  • Payment Processor : Paypal Perfect Money, dan Western Union.
  • Aliran captcha 24 jam full.
  • Cara daftar, cara ngetik, tips triks, dan detil tutorial lainnya silakan langsung saja baca Postingan khusus MEGATYPERS silakan klik disini


EARNANYTIME
  • UPDATE: Earnanytime sudah tidak bisa diakses lagi websitenya.
  • Earnanytime (sering disingkat EAT) adalah perusahaan captcha yang akan membayar anda apabila anda mengetik kata-kata Captcha tersebut dengan benar. Company ini cocok buat para pemula karena captcha-nya sangat pendek yg hanya terdiri 4 huruf atau angka saja. Juga terdapat bonus langsung tanpa undian dengan sarat tertentu.
  • Website : earnanytime 
  • Rate variatif antara $0.35/1000 captcha s/d $0.55/1000 captcha. Ratenya terbilang kecil tapi diimbangi dengan karakter captcha yg sangat pendek.
  • Minimum Payout : Minimal balance mencapai $3
  • Lama Pembayaran : pembayaran tiap hari selasa dan jumat
  • Payment Processor : Paypal perfect money
  • Aliran captcha 24 jam full.
  • Karakter captcha-nya rata-rata mudah & jelas, dan sangat pendek.
  • Cara daftar, cara ngetik, tips triks, dan detil tutorial lainnya tentang EAT silakan langsung saja baca Postingan khusus EarnAnytime silakan klik disini

2CAPTCHA
  • 2captcha adalah perusahaan captcha yang akan membayar anda apabila anda mengetik kata-kata Captcha tersebut dengan benar. Company ini cocok buat para pemula karena captcha-nya lumayan pendek-pendek.
  • Website : 2captcha 
  • Rate (upah) : berubah-ubah tapi biasanya sekitar $0.3 - $0.5/1000 captcha
  • Minimum Payout : Minimal balance mencapai $0.5 untuk webmoney, dan $5 untuk paypal.
  • Lama Pembayaran : seringnya instant.
  • Payment Processor : Paypal , webmoney
  • Aliran captcha rata-rata cepat.
  • Karakter captcha-nya rata-rata mudah & jelas.
  • Cara daftar, cara ngetik, tips triks, dan detil tutorial lainnya tentang 2captcha silakan langsung saja baca Postingan khusus 2captcha silakan klik disini

GOGETSOME
  • Gogetsome (sering disingkat GOGON) adalah perusahaan captcha yang akan membayar anda apabila anda mengetik kata-kata Captcha tersebut dengan benar. 
  • Websitegogetsome 
  • Rate (upah) : variatif antara $0.36/1000 captcha s/d $2/1000 captcha. Besaran rate tersebut tergantung dari level di gogetsome. Selain rate, ada bonus dan lucky captcha juga. Nilai bonus biasanya tergantung saat awal daftar, atau tipe account-nya, night shift atau all shift, night sift biasanya lebih gede bonusnya.
  • Type Account di gogetsome ada 2 yaitu night shift (jam 23.00 malam sampai jam 7 pagi) dan all shift (24 jam)
  • Minimum Payout : Minimal balance mencapai $1
  • Lama Pembayaran : kurang dari 72 jam
  • Payment Processor : Paypal , webmoney
  • Aliran captcha 24 jam full.
  • Karakter captcha-nya rata-rata mudah & jelas, tapi perhitungannya ketat, usahakan ketik seakurat mungkin, kalau ga akurat level PPE bisa turun atau paling parah terkena BANNED.
  • Cara daftar, cara ngetik, tips triks, dan detil tutorial lainnya tentang gogetsome silakan langsung saja baca Postingan khusus GOGETSOME silakan klik disini

PIXPROFIT
  • Pixprofit (sering disingkat PIX) adalah perusahaan captcha yang akan membayar anda apabila anda mengetik kata-kata Captcha tersebut dengan benar.
  • website : pixprofit , pixandprofit, pixtyper, standalone . Silahkan pilih salah satu.
  • Rate pixprofit untuk jam 02.00 WIB - 10.00 WIB fix $1/1000 captchadiluar jam tsb mengikuti prio IDnya, detil tentang prio-nya bisa dilihat di postingan khusus pixprofit disini.
  • Untuk ID baru yg register mulai 2012, saat register rate awal $0.5/1000 captcha, tp setelah entry total 1000 captcha rate menjadi variatif menggunakan aturan prio dr $0.55/1000 captcha s/d $1/1000 captcha menyesuaikan kualitas kerja, kecuali di jam  02.00 WIB s/d 10.00 WIB yg sudah dijelaskan sebelumnya dimana di jam-jam tsb rate fix 1/1000 captcha untuk semua jenis ID.
  • Sistem prio berdasarkan kinerja, semakin baik prionya semakin kecil. Usahakan ketik seakurat mungkin, case-sensitif, simbol dan secepat mungkin. Tips menaikkan prio dan seputar tips pix lainnya silahkan baca postingan khusus mengenai pixprofit.
  • UPDATE 2015: rate di pixprofit sudah flat $1/1000 captcha untuk semua jenis ID.
  • Pembayaran : paypal  , payza, atau webmoney
  • Minimum request pembayaran (PO) = $3
  • Batas waktu pengetikan = 30 detik per captcha
  • Cara daftar = kunjungi website, klik register. Invite code kosongkan aja. Harus punya email yg valid. Bisa daftar banyak ID tetapi menggunakan email beda, payment processor bisa menggunakan 1 jenis untuk semua ID. Setelah bisa login ke web, agan wajib training dulu sampai ngetik 30 captcha. Kalau mau bikin ID lagi, setelah training sobat haru clear cache browser dulu baru register akun lagi.
  • Lama proses pembayaran kurang lebih 24 jam.
  • Warning : Jika ada 2 kata, jangan pake trik ketik 1 kata, agar tidak terkena banned. Hindari jg pencet ESC!  Apa itu trik 1 kata? trik 1 kata adalah jika ada captcha yg terdiri 2 kata tapi agan ngetiknya cuma 1 kata aja.
  • Pengetikan kurang akurat, kurang simbol , not case-sensitif tidak menyebabkan banned tapi kemungkinan pengaruh ke sistem prio.
  • Karakter captcha-nya lebih beragam, selain captcha juga ada CatDog dan Question. Catdog= jika ngetik di web,sesuaikan gambarnya, jika gambar anjing pilih anjing, jika gambar kucing pilih kucing. Jika ngetik di softawe klik yg kotak gambar kucing saja. Warning! Hindari kesalahan pilih CatDog sampe terulang lebih dr 3x, rawan banned. Question berupa pertanyaan-pertanyaan sederhana. Kedepan mungkin akan berkembang jenis-jenis captcha lainnya.
  • Aliran captcha biasanya kenceng di jam 22.00 WIB malam  s/d jam 07.00 WIB pagi

CAPTCHA2CASH (C2C)
  • Captcha2cash (C2C) adalah perusahaan captcha yang akan membayar anda apabila anda mengetik kata-kata Captcha tersebut dengan benar.
  • UPDATE: C2C sekarang sudah tidak direkomendasikan untuk para typers, karena pembayarannya ga jelas, kadang dibayar tapi kadang juga tidak dibayar.
  • Website : Captcha2cash
  • Rate : diweb tertulis $1/1000 captcha, tapi realnya sekitar $0.37/1000 captcha karena ternyata tidak semua yang kita input dihitung masuk ke saldo. Walaupun rate kecil tp aturan di c2c tidak ketat dan flow captchanya 24 jam full tanpa delay, jadi kuncinya ada di kecepatan ngetik kita .
  • PO minimum = $ 1
  • Payment processor : payza atau perfect money. 1 akun payza atau perfect money bisa untuk beberapa account C2C.
  • Aturan pengetikan : waktu pengetikan sangat longgar dan rulenya tidak terlalu ketat. Karakter @#$%^&* abaikan aja. Tidak case-sensitive jadi ketik huruf kecil semua aja . Panduan pengetikan diwebnya bisa dilihat di menu examples. Detil pengetikan di c2c jg bisa dibaca di postingan khusus tentang C2C
  • Lama proses pembayaran : ga nentu, sekarang sedikit bermasalah, kadang dibayar kadang ga dibayar.
  • Cara Daftar : masuk ke situsnya lalu klik sign up now, tinggal isikan aja yg diminta.
  • Tips. Di C2C lebih efektif menggunakan 1 ID dikloning menjadi beberapa ID baik klonning pake software maupun tanpa software. Khusus kumpulan tips trik c2c juga bisa dibaca di postingan khusus tentang C2C.
  • Aliran captcha ga nentu kadang muncul kadang bengong.

KOLOTIBABLO
  • Kolotibablo (sering disingkat Kolo) akan membayar anda apabila anda mengetik kata-kata Captcha tersebut dengan benar.
  • Rate: sangat variatif biasanya antara $0.3 s/d $0.7 per 1000 captcha (tergantung jam kerja). Untuk mengetahui rate-nya, saat masuk di akun kolo klik menu Captchas di pojok kiri atas, lalu pilih System Stats. Nanti disitu akan tampil grafik rate-nya, lihat tanda garis merah putus-putus, disitulah rate realtime-nya saat agan buka. Perbandingan waktu kolo dengan waktu WIB yaitu saat di kolo (di tampilan grafik) menunjuk jam 00.00, maka pada hari yang sama di WIB sudah menunjuk jam 07.00 WIB. Rate tinggi umumnya jam kerja 00.00 WIB s/d 06.00 WIB.
  • PO minimum$1, kecuali jika menggunakan paypal maka minimal PO-nya $10. Khusus jika internal transfer (transfer saldo antar ID) minimumnya $0.1
  • Payment processorWebmoneypayzapaypalbitcoin, dan menariknya bisa internal transfer yaitu sebuah fitur untuk transfer saldo antar ID/username. Yang tidak tahu apa itu Webmoneypaypal, atau rekening online lainnya, silakan baca postingan e-currency klik link ini.
  • Website : Kolotibablo
  • Cara daftar = masuk ke web kolotibablo lalu lihat pojok kanan atas, ada gambar tanda panah mengarah ke kanan, klik saja disitu. Nanti muncul halaman baru, pilih REGISTER, isikan kolom login untuk menentukan username (terserah agan) dan kolom emailEmail yang didaftarkan harus email valid. Lalu cek email agan untuk mendapatkan password loginnya.
  • Untuk login, masuk ke web kolotibablo, sama seperti langkah mau daftar, yaitu lihat pojok kanan atas, ada gambar tanda panah mengarah ke kanan, klik saja disitu. Nanti pas muncul halaman baru, langsung saja isikan login usernamenya dan passwordnya, lalu klik tanda panah di bawah-nya.
  • karakter captchanya rata-rata mudah & jelas sekalipun ada special karakternya sperti huruf rusia atau cina, tapi special karakter itu bisa di ESC saja. Di kolo perhitungannya agak ketat, usahakan ketik seakurat mungkin, kalau ga akurat ga masuk saldo.
  • penulisan sebaiknya case-sensitif, artinya huruf kecil besar dibedakan.
  • Batas waktu pengetikan : sebenernya tidak ada batas waktu pengetikan, tp jika ngetiknya pake software biasanya ada timernya tp itupun sangat panjang waktunya.
  • Aliran captchanya full 24 jam

CAPTCHATYPER (CT)
  • Captchatyper (CT atau diplesetkan Siti) adalah perusahaan captcha yang akan membayar anda apabila anda mengetik kata-kata Captcha tersebut dengan benar.
  • Website captchatyper
  • Payment Processor :  Perfect Money ,  WMZ (webmoney) 
  • Proses pembayaran : setiap senin s/d jumat , diproses +/- 24 jam
  • Minimal PO : $5 utk WMZ dan $2 utk PM (total dari ID worker)
  • Rate :
          variatif antara $0.7x - $1.xx per 1000 captcha correct.
          selengkapnya lihat di postingan tentang captchatypers
  • di CT modelnya bikin ID admin, saat request ID admin kita minta set pembayaran ke perfectmoney, atau WMZ. Nanti dr ID admin tsb dibikin ID-ID pekerja, terserah mau bikin berapa, nanti kita pas mau kerja loginnya pake ID pekerja yg dibuat tersebut, bukan pake ID admin, ID admin hanya untuk request PO dan lihat track statistik ID pekerja.
  • Cara daftar ID admin : agan langsung saja kirim e-mail ke admin@captchatypers.com , isinya langsung tulis username dan password yg agan inginkan, sekalian nomer PMnya (jika pake PM), subjek email isikan request admin id, contoh format isinya  lihat di postingan tentang Captchatypers klik disini 
  • Setelah dapat ID admin silahkan login lalu buat ID pekerja dgn cara pilih menu master >> employee master . Untuk melihat saldo total dr ID-ID pekerja juga lewat ID Admin , lewat menu track employee, lalu masukan tanggal rentang waktunya.
  • Aliran captcha ga nentu tp biasanya kencang diatas jam 22.00 malam sampai jam 06.00 pagi .


QLINKGROUP
  • QlinkGroup (diplesetkan ling-ling) adalah perusahaan captcha yang akan membayar anda apabila anda mengetik kata-kata Captcha tersebut dengan benar. Qlink sebenarnya satu grup sama Megatypers. :D
  • Website : Qlinkgroup
  • Rate : 
          variatif antara $0.4x - $1.xx per 1000 captcha correct.
          selengkapnya lihat di postingan tentang qlink

  • Aliran captchanya biasanya cenderung kenceng terus selama 24 jam
  • PO minimum : 800 entry per ID per minggu, jika kurang dari 800 entry maka  tidak akan dibayar dan akan hangus jumlah entrynya tsb, jadi jumlah entrynya tidak diakumulasi minggu depannya Pembayaran tiap seminggu sekali, bertahap dimulai dengan hari jumat, setelat-telatnya biasanya senin atau selasa. Pembayaran otomatis, jadi ga perlu pencet apa-apa.
  • Payment processor : PaypaL , Perfect Money 
  • Harus punya ID supervisor, harus memliki  ID supervisor dahulu yg nantinya bisa untuk membuat ID candidate (ID pekerja). Jadi  ID supervisor  sebagai leader. Bagi agan yang ingin register atau ingin mendaftar ID supervisor qlink, langsung daftar saja GRATIS di http://qlinkgroupsupervisor.com/register 
  • Baik ID supervisor maupun ID candidate, keduanya bisa digunakan untuk mengetik. Proses payout (PO) tetap dilakukan di ID supervisor dgn nilai total penjumlahan dari ID-ID candidate.
  • Batas pengetikan per captchanya 15 detik
  • Tips Pengetikan, usahakan ketik selengkap mungkin, kecuali captcha-captcha yg ga jelas/ga beraturan, silahkan lebih jelasnya baca di postingan qlink disini

FASTTYPERS
  • Fasttypers disingkat FT atau dipanggil fasti adalah Perusahaan Captcha (Completely Automated Public Turing test to tell Computers and Humans Apart). Fasti akan membayar anda apabila anda mengetik kata-kata Captcha tersebut dengan benar.
  • Rate (sudah dikonversi ke WIB): 
        variatif antara $0.7x - $1.xx per 1000 captcha correct.
          selengkapnya lihat di postingan tentang fastypers
  • Baik ID admin maupun ID worker, keduanya bisa digunakan untuk mengetik. 



UPLOADCAPTCHA
  • uploadcaptcha (UCHA) adalah perusahaan captcha yang akan membayar anda apabila anda mengetik kata-kata Captcha tersebut dengan benar.
  • UPDATE : Sudah tidak direkomendasikan untuk para typers lokal krn pembayaran hanya melayani bank wire.
  • Website uploadcaptcha
  • Payment Processor : bank wire
  • Proses pembayaran : -
  • Minimal PO : $50 via bank wire
  • Rate (sudah convert ke WIB) :
    Morning 06.30 to Midnight 23.59 - 0.9$
    Midnight 00.00 to Morning 06.30 - 1.2$
  • di UC modelnya bikin ID admin, saat request ID admin kita minta set pembayaran ke payza, Nanti dr ID admin tsb dibikin ID-ID pekerja, terserah mau bikin berapa, nanti kita pas mau kerja loginnya pake ID pekerja yg dibuat tersebut, bukan pake ID admin, ID admin hanya untuk request PO dan lihat track statistik ID pekerja
  • Cara daftar ID admin : sama kek CT, agan langsung kirim e-mail ke admin@uploadcaptcha.com , isinya langsung tulis username dan password yg agan inginkan, sekalian payzanya (jika pake payza). Atau bisa juga request langsung via chatting YM = uploadcaptchamk 
>>Postingan khusus UCHA silakan klik disini<<


TYPETHAT/IT
  • Typethat/it adalah Perusahaan Captcha (Completely Automated Public Turing test to  tell Computers and Humans Apart). Typethat akan membayar anda apabila anda mengetik kata-kata Captcha tersebut dengan benar.
  • Rate $0.6/1000 captcha
  • PO minimum : $0.5
  • Payment processor : Webmoney
  • Website : Typethat Typeit
  • Pendaftaran. Harus memiliki ID admin untuk bisa mendaftarkan/membuat ID kandidat
  • Untuk TYPETHAT ini silahkan cari info detail lainnya di google, karena penulis disini tidak pernah work di TYPETHAT, sehingga penulis sangat minim info :D
NB. Di penjelasan diatas tertulis misal rate $ 1/1000 captcha , itu artinya setiap kita ngetik 1000 captcha yg benar akan dapat $1. 

  •  CARA MEMULAI KERJA NGETIK CAPTCHA
Ini adalah pertanyaan dasar yang paling sering ditanyakan oleh para pemula. Mohon disimak baik-baik , agar nanti ga ditanyakan lagi karena banyak pemula yg malas membaca, belum apa-apa dah tanya , padahal materi yg ditanyakan dah ada dipostingan ini.

Langkah pertama adalah sobat blogger cukup registrasi di web perusahaan capcha tersebut, GRATIS, detil registrasinya-nya silahkan lihat keteranganya seperti penjelasan di atas. Mau registrasi beberapa akun jg boleh. Bagaimana cara ngetik capchanya? Ada 2 cara. 
  1. ngetik diweb-nya langsung. Setelah sobat register di web, agan dah bisa langsung ngetik captchanya, biasanya ada halaman kerjanya sendiri , tinggal diketik disitu  aja ntar. Kekurangannya ngetik di web, hanya bisa ngetik dengan 1 akun,  sehingga income yg didapat sedikit lama, krn aliran captcha pd dasarnya ada delay, jd jika hanya mengandalkan 1 akun / ID kelihatan pasti ada waktu nunggu antara captcha yg satu dgn yg lainnya, ini yg bikin ga maksimal.
  2. ngetik via software (recommended). Sobat blogger bikin beberapa akun/ID, nanti agan play di software, sekali jalan agan bs work beberapa akun/ID , dan tentunya penghasilan akan berlipat. Yg membuat software disini biasanya pihak ketiga yg memang khusus mendevelop software-software utk pengetikan captcha. Software ada yg bersifat gratisan dan ada juga yang berbayar. Untuk lebih lanjut detailnya, silahkan baca postingan tentang Software Captcha Multi ID klik disini. Khusus MEGATYPERS sangat direkomendasikan menggunakan software dari asiandataservice atau xiaoa, karena di blog ini disediakan FULL GRATIS, dan banyak kelebihannya, silakan baca postingan Software Multi ID Megatypers GRATIS dari asiandataservice klik disini atau postingan Software Multi ID Megatypers GRATIS dari xiaoa klik disini. 
Mungkin ada yg nanya berapa lama kita harus ngetik? ya itu terserah suka-suka kita, mau sekali ngetik berjam-jam atau cuma 1 menit aja itu suka suka kita aja, semakin banyak waktu yg dihabiskan untuk ngetik otomatis semakin banyak dollar yg didapat.
 
 
  • PEMBAYARAN GAJI PAKE APA & ALURNYA GIMANA?
Pembayaran upah menggunakan e-currency, bisa PAYPAL, PERFECT MONEY (PM) atau WEBMONEY (WMZ). Agan harus punya minimal salah satu e-currency tsb. Jadi alurnya sebagai berikut:

CAPTCHA COMPANY >> E-CURRENCY >> MONEY CHANGER >> REKENING BANK

Captcha company membayar kita dalam bentuk dollar ke e-curenncy kita (misal PM atau paypal), kemudian dollar di e-currency kita ditukar ke rupiah lewat money-changer, lalu money changer akan ngirim uang dalam bentuk rupiah ke rekening bank kita.

Yang belum tahu apa itu e-currency (paypal, perfect money, webmoney, dll) dan money-changer silahkan baca postingan tentang e-currency dan cara penukarannya klik disini.


  •  CAPTCHA COMPANY APA YANG PALING REKOMENDASI?
Berikut postingan khusus yang secara detail menjelaskan tentang captcha company yang ada atau yang sering dimainkan oleh para typers saat ini.  

>>Untuk postingan MEGATYPERS silahkan baca di link disini
>>Untuk postingan EARNANYTIME silahkan baca di link disini.
>>Untuk postingan 2CAPTCHA silahkan baca di link disini.
>>Untuk postingan C2C silakan baca di link disini
>>Untuk postingan PIXPROFIT silakan baca di link disini
>>Utk postingan CAPTCHATYPERS silakan baca di link disini
>>Untuk postingan KOLOTIBABLO silakan baca di link disini
>>Untuk postingan QLINK silakan baca di link disini
>>Untuk postingan FASTTYPERS silakan baca di link disini
>>Untuk postingan GOGETSOME silakan baca di link disini
>>Untuk postingan UPLOADCAPTCHA baca di link disini


  •  BERAPA RATA-RATA KECEPATAN PENGETIKAN?
Intinya semakin cepat ngetik maka semakin besar income yg didapat. Bagi yg belum bisa ngetik cepat jgn kuatir karena lama kelamaan akan terbiasa dengan sendirinya. Awal-awal kita ngetik   sekitar 500 capcha per jam ntar naik minimal kecepatan sampe 800-1000 captcha per jam. Dan ini wajib pake software , krn jika pake software kecepatan jg akan berlipat krn menjalankan beberapa ID sekaligus . Ada software yg mencantumkan satuan kecepatan ngetik kita yaitu wpm = word per menit. 

Contoh kecepatan pengetikan saya menggunakan 4 ID di fastypers. Sekali lagi ini wajib pake software agar bisa dapat hasil seperti ini. Klik gambarnya untuk memperbesarnya ya. Disitu kecepatan pengetikan saya sekitar 25-30 an wpm, 1 jam sekitar 1500-2000 captcha, saya menggunakan layout keyboard dvorak.  



Yang mau niat dan belajar ngetik cepat 10 jari silahkan baca postingan Software Belajar Ngetik 10 Jari untuk Typers

  •  BERAPA POTENSI PENGHASILAN PER BULAN?
Jawabannya variatif sekali.Faktor yg mempengaruhi banyak, antara lain : kecepatan mengetik, total jam kerja sehari, dan faktor rate captcha company-nya. Agar maksimal usahakan bisa mengetik cepat dan ngetiklah disaat rate tinggi. Kapan rate tinggi? liat penjelasan tiap captcha company diatas ya.  Mungkin bagi pemula mendapatkan 1000 captcha seperti kelihatan banyak sekali, tapi jika sudah terbiasa apalagi dah expert 1000 captcha itu bisa diketik dalam waktu 30-60 menit aja. Untuk pemula biasanya sebulan sekitar 300rb-400rb, nanti lama kelamaan semakin cepat ngetik dan semakin lama durasinya akan terus bertambah menjadi 800rb - 1,5 juta per bulan. Dan semakin lama sobat akan semakin expert dan profesional dgn penghasilan diatas 1,5 jt - 3 jt per bulannya bahkan bisa lebih. Banyak cara agar penghasilannya maksimal seperti kerja shift misal merekrut karyawan atau bisa juga melibatkan anggota keluarga a.l. saudara, istri ,suami atau yg lainnya, jd bisa 24 jam full , bukan hal yang sulit lagi dpt >> 3 jt-an per bulan :D . Mungkin penghasilan segitu ga gede-gede bgt bagi sebagian orang, tapi bagi saya itu sudah sangat realistis karena tidak mikirin bakal loss, ga mikir SCAM, ga mikir pula ngitung2 kapan balik modal. Percuma kan, sekarang profit 10 juta tp ternyata besok loss 20 jt , hehehe.  Percayalah penulis disini sudah pernah merasakan saat-saat pertama kenal captcha typing ini, maka dari itu saya kasih gambaran yg realistis saja bukan gambaran fantastis tapi semu. Silakan sobat atur ritme kerjanya menyesuaikan target sobat sendiri, dari yg kecil lambat laun akan menjadi besar  ^_^ 

  •  TIPS MEMAKSIMALKAN PENDAPATAN
Tips ini merupakan tips secara umum untuk memaksimalkan kerja captcha ini, sedangkan tips secara khusus tergantung tiap captcha company masing-masing bisa dilihat di postingan tentang tiap captcha company yg saya tulis. Berikut tips secara umumnya :
  • Sebaiknya kerja minimal di 2 atau lebih captcha company, tapi yg utama atau prioritas tetep 1, sedang yg lain buat backup klw yg utama lg bermasalah misal lagi lelet. 
  • Latihlah skill ngetik anda , karena itu sangat mendukung. Minimal standar per jam dapat 1000 captcha.  Yang mau niat dan belajar ngetik cepat 10 jari silahkan baca postingan Software Belajar Ngetik 10 Jari untuk Typers
  • Memanfaatkan waktu rate yg tinggi dan usahakan cari caphtca  company yg alirannya 24 jam full.
  • Konsisten terhadap jadwal kerja. Jangan terlalu terforsir atau memaksa diluar kemampuan yg nantinya malah berujung ke kesehatan anda. Step by step aja.
  • Jika skill ngetik anda dirasa sudah cukup, penghasilan jg sudah lumayan, anda bisa memikirkan faktor lainnya yg mungkin diluar dugaan anda misal faktor keyboard, anda bisa mengupgrade keyboard yg mendukung utk typing, carilah keyboard yg tuts-nya tidak terlalu tinggi, mahal dikit gpp yg penting hasil memuaskan dan dipake selamanya jadi ga bakalan rugi. Selain itu jg mungkin bisa upgrade ISP agan biar lebih kenceng. Intinya, jangan pernah berhenti untuk meningkatkan kemampuan yg sudah ada sekalipun pasti ada pengorbanan :)

  •  SYNDROME TYPER PEMULA (NEWBIE)
Berikut syndrome para newbie di dunia percapcayan internasional, hehehe, Ini saya tulis berdasarkan pengalaman-pengalaman yg saya dapatkan di forum kaskus maupun lewat YM.
  • Awal-awal cuma bisa ngetik 200-300 per jam , habis itu  langsung merasa capek, akhirnya putus asa, RASA CAPEK dan JENUH merupakan kendala terbesar disini , jika kalian bisa melewatinya , kalian akan lulus. Jadikanlah setiap pekerjaan ini sebagai hobby, krn semua pekerjaan pasti lama kelamaan membosankan. Yang mau niat dan belajar ngetik cepat 10 jari silahkan baca postingan Software Belajar Ngetik 10 Jari untuk Typers
  • Baca rate $1/1000 captcha sudah pesimis duluan, beranggapan 1000 captcha itu banyak banget.
  • Sering kena kick, lalu kebanned langsung putus asa tanpa dicari sumber masalahnya dan solusinya :D
  • Kerja awal-awal over dosis, habis itu badan remuk, masuk UGD :D
Saya berharap setelah baca tulisan ini, kita bisa lebih tahan banting setiap melewati sebuah proses, apapun itu ^^. Amin.


  • ADA YG BILANG KERJA NGETIK CAPTCHA JUGA MEMBANTU PARA SPAMMER, APA BENAR?
Perlu diketahui sekarang captcha digunakan untuk tujuan yg sangat beragam. Antara lain untuk menyelamatkan arsip-arsip dunia penting di dunia (jenis recaptcha dari google) , marketing , promosi iklan, traffic web, dan seiring berjalannya waktu kemungkinan akan bertambah lagi penggunaannya. Dan spam mungkin hanya salah satu yg digunakan dalam melakukan promosi. Bagi saya captcha itu mau digunakan buat apa adalah tergantung dari user-nya atau client-nya (lihat alur sistemnya di bagian atas postingan ini), sedangkan kita hanya worker. Tapi saya berpikiran optimis saja kalau pekerjaan captcha ini jauh lebih banyak penggunaan positifnya, seperti yang dijelaskan sebelumnya diatas bahwa ngetik captcha ini penggunaannya sangat baragam. Yang jelas kita hanya kerja secara langsung ke perusahaan captcha-nya, kita adalah pekerja pemecah kode captcha, perkara image captcha itu digunakan untuk apa sebenernya ga perlu terlalu kita pikirkan, profesional aja, analoginya pekerja pembuat pisau itu hanya bertugas membuat pisau, sedangkan pisau itu sendiri penggunaannya sangat beragam dari yg positif sampai yg negatif itu tergantung pembelinya atau usernya (saya yakin pisau juga lebih banyak penggunaan postifnya), kalau ada yg memakai pisau buat melukai apa dengan serta merta menyalahkan perajin pisaunya?? kan tidak. Apalagi dibandingkan dengan online earning lainnya seperti PTC, HYIP, investasi online bodong, money games atau MLM yg memang berdiri niatnya utk menipu, malah jelas sekali parahnya, silahkan compare & nilai sendiri ya. Penulis disini pun tidak memaksa apapun atau ngotot berdebat, merasa nyaman silakan lanjutkan , sebaliknya jika tidak nyaman silakan tinggalkan :D

  •  BERAPA LAMA DUNIA CAPTCHA AKAN EXIST?
Seperti dijelaskan diatas, capcha ini disupport penuh oleh perusahaan sekelas google, dan tujuan utamanya digitalisasi arsip-arsip dunia. Selain itu, input captcha masih akan selalu dipakai utk anti SPAM dan juga login verifikasi seperti di e-mail, jadi menurut saya masih lama dan mungkin malah ga da matinya sistem captcha ini, jadi jangan samakan dgn PTC apalagi HYIP yg bisa ditebak kapan bakal SCAM :D. Dan perlu diketahui, perusahaan captcha tertua kolotibablo sudah berdiri sejak 2008 dan sekarang masih exist, silakan simpulkan sendiri. 
 
  •  BUKTI PEMBAYARAN
Silahkan lihat bukti-bukti pembayaran kerja ngetik captcha di postingan khusus tentang pembayaran klik disini

Jika masih bingung, silahkan tanya-tanya disini lewat komentar di postingan atau kirim email = garage_guns@yahoo.co.id


NB. postingan ini aslinya dibuat sejak tahun 2012 (lihat url linknya), Banyak yang copas postingan ini, mohon pembaca teliti ,lihat dibagian komentar juga, postingan ini sudah dicomment lebih dari 400 komentar. terima kasih.


Salam Jari Keriting & Happy Earning ^0^
postingan ini terakhir diupdate tgl 5 Juli 2015

Tiap postingan materi kerja ngetik captcha di blog ini akan selalu diupdate setiap saat. Untuk materi khusus kerja ngetik captcha yang lebih up to date, silakan anda kunjungi blog zonatyper.com atau bisa juga kunjungi forum para typers di kaskus, link forumnya ada di bagian sidebar blog ini. Dan biasakan juga untuk membaca artikel terkait di bagian bawah postingan ini.  

Share artikel ini :
Labels: ,

Artikel Terkait

Silakan Berkomentar Melalui Akun Facebook atau Akun Blogger Anda



427 comments:

«Oldest   ‹Older   401 – 427 of 427   Newer›   Newest»
Unknown said...

Software Spektakuler
Penambah Saldo Rekening Bank Anda.

Cukup Anda Install di Komputer Anda
dan Jalankan TRIK RAHASIA nya, dalam waktu
24 jam, Saldo Rekening Bank Anda Akan Bertambah

Anda Penasaran dan Ingin Tahu Rahasianya??
Buruan DOWNLOAD Softwarenya di :

http://goo.gl/kR5Cp

awalnya sempat gak percaya sich,,,
tapi setelah saya coba beneran gak bohong,,,
Buktikan Sekarang Saya Telah Membuktikannya:...

Pipalpo's Shop said...

Thanks infonya yah...baru mulai nyoba nih hehehe telat ;)

Unknown said...

klo ga punya credit card gmna?

guns said...

buat apa credit card, ane ga ada CC jg , masih banyak jalan gan hehe, coba baca postingan e-currency

Anonymous said...

gan gan master, ane mo nanya lo soft vina tu gak isa buat kolo ya..?

avif said...

eyang masih punya stock id gogon yg nganggur ngga, mungkin berkenan di jual ke ane he..he

guns said...

dah abis gan hehe

Unknown said...

gan klo maen di qlinks ntu cocok maen pke soft apa ya..? trus kena release/abused ntu disebabkan oleh apa ya gan..? maturnuwun

Unknown said...

gan mo minta saran nih.tuk mempercepat flow capcaynya pake modem apa ya? masalahnya ane baca disini pada inputnya pada banyak, ane sendiri paling banyak cm 120an per jamnya, ane pake kartu 3 ama xl.makasih sebelumnya gan gun :)

Admin said...

@nanik = capchapro saja, sebenernya kena abuse di qlink itu masih misteri, mau pake soft apapun jg kemungkinan pasti kena
@nanang = waduh sejam 120? diperbanyak aja IDnya gan dan wajib pake soft multi ID, utk modem tergantung koneksi dit4 agan sih, lihat jaringannya aja disitu yg paling bagus apa.

Anonymous said...

biar aliran captcanya cepet gimana caranya ya?

Anonymous said...

Baru tau klo ada kerja online kayak gini
n akhirnya nyangkut di sini, mksh...

Raihans said...

mohon copas ya,nanti saya kasih sumbernya.copas nya juga ga semua kok:)
cuma sebagian ^_^

guns said...

@raihan = silakan gan.

•dyat• said...

Untuk sekarang yg rekomended ngetik dimana gan?

Nitip lapak sekalian
atasi bau badan

guns said...

@mini: untuk pemula di 2captcha aja dulu atau kolotibablo, untuk materi 2captcha silakan baca http://gunzyber.blogspot.com/2014/09/2captcha-company-captcha-buat-pemula.html

Unknown said...

cara register nya gimana gan ?

Unknown said...

bayarannya melalui paypal?

[Jemput ke blog saya untuk tips Kerja Part Time Online]

Unknown said...

saya sudah dapat 16000 capta, tapi dolar cmn 0.16. murah amat bayar nya

Unknown said...

kaloupun dapat 1 dolar cuman 13.000. butuh waktu ber jam jam untuk mendapat 13.000.

Unknown said...

aplikasi pembodohan

guns said...

@Jabreak Azha: 16000 dpt 0.16 itu ngetik di company mana, sejelek2 dan sepelit2-nya rate itu 0.1x per 1000 captcha, itupun hanya 1-2 company saja, diitung yg bener dulu.

Unknown said...

gan ane mau daftar juga :D,tapi ane masih pelajar :( bisa ga? :D mohon bantuannya :D salam kenal thank's :D

cRystaL said...

Tambahan penghasilan minimal 100rb/hari.

PLAYING GAME AND GET REAL MONEY !!

http://marketglorypenghasiluang.blogspot.co.id/

Ga ada salahnya dan rugi buat Mencoba.

Bisa Googling testinya para players indo yg uda sukses mainin game Marketglory ini.

no hoax di JAMIN !!!

Nico Julian said...

Donate your BTC to 1H7efEsD19q9gajZpssLixWfwAbZCAe7wo
I will make it double in 10 days

Unknown said...

Masbro, q kirim E-Mail ke u dengan alamat E-Mail : garage_guns@yahoo.co.id, mohon E-Mail q dibalas ya. Makasih...

Handoyo Saragih said...

Pada era sekarang berbisnis jual beli lewat group atau fitur Marketplace sangat menyenangkan dari segi waktu dan fleksibel ketika diakses lewat smartphone. Dunia industri digital terus berkembang seperti layaknya facebook sudah mengeluarkan fitur percobaan untuk marketplace di dashboardnya. Lalu bagaimana mengaktifkan kembali untuk fitur marketplace facebook.

Source: Cara Mengaktifkan Kembali Marketplace Facebook


«Oldest ‹Older   401 – 427 of 427   Newer› Newest»
:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

Jika menggunakan akun blogger, silakan isi komentar di bawah. Jika ingin menampilkan emoticon, cukup copas kodenya yang tertampil di sebelah kanan emoticonnya. Please No Spam, No Porn, No Junk!

CATATAN. Tampilan komentar di blog ini menggunakan sistem scroll, jika ada postingan yang sudah banyak komentarnya, maka untuk melihat komentar terakhir dari sobat perlu ditarik scrollnya sampai ke bawah, atau jika masih belum muncul berarti ada page berikutnya maka klik "newest" terlebih dahulu baru kemudian tarik scroll-nya ke bawah.

zonatyper tutorial kerja ngetik captcha
Langganan Artikel via Email