Monday, 30 March 2015

SIM Card Buatan Dalam Negeri

Jakarta - Isu penyadapan pada akhirnya kembali melambungkan harapan penggunaan SIM card buatan dalam negeri untuk industri telekomunikasi. Sejatinya, SIM card buatan lokal sudah sejak lama ada. Hanya saja kesempatan untuk naik panggung yang belum datang.

Adalah Xirka Silicon Technology salah satu perusahaan lokal yang mampu memproduksi SIM card yang biasa terselip di perangkat telekomunikasi tersebut.

Xirka tak bekerja sendiri. Mereka menggandeng sumber daya manusia mumpuni dari Pusat Antar Universitas (PAU) Mikroelektronika Institut Teknologi Bandung (ITB) dalam merancang chip.

Sudah sejak tahun 2008 Xirka berdiri, perusahaan ini memang khusus bergerak di bidang desain chipset, dimana salah satu produk keluarannya adalah SIM card untuk telepon seluler.

Menurut Kepala PAU Mikroelektronika ITB Trio Adiono, pengembangan SIM card produksi Xirka sudah dilakukan sejak tahun 2012. Statusnya saat ini sudah siap diproduksi massal dengan kapasitas mencapai 100 juta unit per tahun.

"Secara teknikal sudah dicoba di beberapa operator dan sudah dapat berfungsi dengan baik," ujarnya saat dihubungi detikINET.


CEO Xirka Sylvia Sumarlin menambahkan, rancangan SIM card Xirka telah disesuaikan dengan karakteristik dan kebutuhan operator dalam negeri, sehingga menjadikan produk tersebut memiliki beberapa keunggulan dibandingkan produk impor sejenis, terutama dalam hal security.

Rancangan Chipset secara keseluruhan dilakukan oleh putra-putri Indonesia di pusat penelitian dan pengembangan Xirka di Setrasari, Bandung. Bahkan pada tahun 2008, sukses menjadi juara pertama Asia Pasific ICT Alliance Award (APICTA).

Hasil akhir dari rancangan tersebut berupa Chip Layout dalam bentuk Photomask yang siap dicetak di atas silikon. Proses pencetakan di atas silikon saat ini masih dibuat di luar negeri.

"Hal ini karena di dunia seluruh fabrikasi di atas silikon masih terpusat di negara tertentu, dengan demikian seluruh proses perancangan dapat terkontrol, sehingga menepis kemungkinan adanya rancangan yang dengan sengaja ditambahkan dalam chip untuk keperluan lain," jelas Sylvia.

SIM card rancangan Xirka dilengkapi dengan prosesor yang menjamin dapat berkomunikasi dengan BTS berbagai operator dengan standar GSM. Termasuk adanya security engine seperti DES, 3DES, Secured Memory Bus, True Random Generator dan berbagai teknik pengamanan lainnya.

"SIM card ini juga dilengkapi Internal Flash Memory sebesar 136 KByte untuk berbagai aplikasi. Saat ini juga sedang ditambahkan berbagai fitur masa depan, yang memungkinkan melakukan berbagai transaksi elektronik menggunakan mobile device, seperti bisa ditambahkan NFC (Near Field Communication) untuk mobile payment," lanjut Sylvia.

xirka simcard lokal

Untuk menjadikan suatu produk SIM card yang utuh, Xirka bekerja sama dengan perusahaan nasional lainnya. Xirka lebih berkonsentrasi mengembangkan Secured Base-Band dan PT. Kartu Semesta Indonesia memegang kendali piranti lunak yang disesuaikan dengan kebutuhan setiap operator, serta PT Cipta Srigati Lestari berkontribusi dalam card packaging sehingga punya tampilan seperti SIM card seperti yang kita pakai sehari-hari.
(sumber: detik.com)



WAJIB BACA!
Beberapa Penghasilan Online paling realistis dan anti SCAM. Kerja Online cuma dengan mengetik kode captcha, anda digaji dollar. Silahkan baca postingan kerja online ketik captcha disini..

Share artikel ini :
Labels: ,

Artikel Terkait

Silakan Berkomentar Melalui Akun Facebook atau Akun Blogger Anda



1 comments:

Ace Maxs said...

eni udah ada nih, kok ane belum pernah liat ya..

http://obatasliindonesia.com/obat-alami-penyakit-stroke/

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

Jika menggunakan akun blogger, silakan isi komentar di bawah. Jika ingin menampilkan emoticon, cukup copas kodenya yang tertampil di sebelah kanan emoticonnya. Please No Spam, No Porn, No Junk!

CATATAN. Tampilan komentar di blog ini menggunakan sistem scroll, jika ada postingan yang sudah banyak komentarnya, maka untuk melihat komentar terakhir dari sobat perlu ditarik scrollnya sampai ke bawah, atau jika masih belum muncul berarti ada page berikutnya maka klik "newest" terlebih dahulu baru kemudian tarik scroll-nya ke bawah.

zonatyper tutorial kerja ngetik captcha
Langganan Artikel via Email