Tuesday 20 January 2015

Rencana Implementasi Jaringan 4G

Jakarta - Rencana pemerintah untuk mempercepat implementasi mobile broadband 4G LTE di spektrum 1.800 MHz mendapat sambutan baik. Layanan 4G akhirnya bisa dikembangkan dengan agregasi kanal bersama pita 900 MHz.

Namun diingatkan oleh pengamat telekomunikasi Teguh Prasetya, euforia 4G di 1.800 MHz jangan sampai akhirnya menumbalkan layanan existing 2G yang masih banyak digunakan pelanggan di spektrum tersebut.

"Jangan terburu-buru dan harus benar-benar direncanakan secara matang, hati-hati, dan seamless implementasinya. Agar ratusan juta user terutama yang menggunakan frekuensi 1.800 MHz tersebut tidak terkena dampak," ujar Teguh yang juga mantan petinggi operator telekomunikasi, saat berdiskusi dengan detikINET, Kamis (15/1/2015).
 
transisi 2G ke 4G

Seperti diketahui, di spektrum 1.800 MHz saat ini ditempati oleh Telkomsel dengan lebar pita 22,5 MHz, Indosat dengan 20 MHz, XL Axiata 22,5 MHz, dan Hutchison 3 Indonesia (Tri) dengan 10 MHz.

Sayangnya, blok frekuensi itu terpisah-pisah alias tidak contiguous (berdampingan). Itu sebabnya, perlu dilakukan relokasi untuk penataan frekuensi agar bisa berurutan sebelum akhirnya bisa menyelenggarakan 4G LTE di 1.800 MHz.

Ada tiga opsi untuk urutan kanal yang tengah dibahas Kementerian Kominfo, Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia bersama para operator, yakni opsi pertama XL, Indosat, Telkomsel, Tri. Opsi kedua, XL, Telkomsel, Indosat, Tri. Dan opsi ketiga XL, Tri, Indosat, Telkomsel.

Namun yang jadi permasalahan di sini, ada lebih dari 180 juta pelanggan 2G di Indonesia yang masih terikat dengan network di spektrum di 1.800 MHz dengan rincian Telkomsel 90 juta, Indosat 35 juta, XL 30 juta, dan Tri 20 juta.

Untuk menjamin kelancaran penataan urutan kanal tersebut, menurut Teguh, diperlukan kesediaan dari setiap operator untuk menyediakan alokasi frekuensi penyangga terlebih dahulu selama migrasi, dari alokasi awal menuju alokasi yang ditetapkan oleh pemerintah.

"Tentunya hal tersebut memerlukan perencanaan yang matang dan harus dilakukan secara terkoordinir baik teknis maupun waktu implementasinya antar operator maupun dengan pemerintah sebagai regulatornya," imbaunya.

"Yang harus diperhatikan lagi adalah kepentingan komunikasi pelanggan yang menggunakan baik layanan suara, SMS, maupun data yang harus tetap terlayani dengan normal tanpa boleh ada interupsi layanan sedikitpun," jelasnya lebih lanjut.

Masalah pergeseran pelanggan 2G di 1.800 MHz ikut jadi perhatian pemerintah saat memutuskan untuk membuka akses 4G LTE di spektrum tersebut. Menkominfo Rudiantara pun akan terlebih dulu berdiskusi dengan Direktur Utama seluruh operator agar bisa menyamakan visi sebelum mengumumkan kebijakannya.

"Saya akan diskusi dulu dengan semua dirut operator tentang teknis relokasinya. Saya juga tidak bisa lama-lama karena kita mengejar target broadband plan yang harus selesai 2019. Nanti akan kita relokasi per pulau agar bisa lebih cepat implementasinya," kata menteri saat ditemui detikiNET di kantor Kementerian Kominfo.

Menkominfo sendiri rencananya akan mengumumkan kebijakan di 1.800 MHz pada Februari 2015 ini. Setelah itu operator bisa menggunakan teknologi netral dan melakukan relokasi per wilayah agar bisa menggelar 4G LTE secara komersial mulai pertengahan tahun ini. (sumber: detik.com)


WAJIB BACA!
Beberapa Penghasilan Online paling realistis dan anti SCAM. Kerja Online cuma dengan mengetik kode captcha, anda digaji dollar. Silahkan baca postingan kerja online ketik captcha disini.

Share artikel ini :
Labels:

Artikel Terkait

Silakan Berkomentar Melalui Akun Facebook atau Akun Blogger Anda



0 comments:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

Jika menggunakan akun blogger, silakan isi komentar di bawah. Jika ingin menampilkan emoticon, cukup copas kodenya yang tertampil di sebelah kanan emoticonnya. Please No Spam, No Porn, No Junk!

CATATAN. Tampilan komentar di blog ini menggunakan sistem scroll, jika ada postingan yang sudah banyak komentarnya, maka untuk melihat komentar terakhir dari sobat perlu ditarik scrollnya sampai ke bawah, atau jika masih belum muncul berarti ada page berikutnya maka klik "newest" terlebih dahulu baru kemudian tarik scroll-nya ke bawah.

zonatyper tutorial kerja ngetik captcha
Langganan Artikel via Email