Monday, 28 January 2013

Layout Keyboard DVORAK untuk Typers

Layout Keyboard DVORAK untuk Typers - Seperti kita ketahui kebanyakan dari kita biasanya mengetik menggunakan layout keyboard QWERTY. Mungkin banyak dari agan agan sekalian yang belum tahu bahwa ada selain layout keyboard QWERTY juga ada layout keyboard DVORAK. Untuk para typer yg kerja di kerja ngetik online sebaiknya berpindah ke layout dvorak ini karena keuntungannya banyak sekali antara lain sangat menyehatkan karena ga gampang capai, itu karena layout ini berdasarkan riset huruf-huruf yg sering keluar dalam kosakata maupun kalimat. Dengan demikian para typer bisa lebih tahan lama berjam-jam ngetiknya. Selain menyehatkan, layout dvorak jg bisa menambah kecepatan para typer dan juga bisa menambah akurasi pengetikan. Untuk para pekerja ketik captcha tentunya akan menambah penghasilannya. Berikut sejarah penemuan layout keyboard qwerty dan dvorak.

Susunan keyboard yang dipakai umum sekarang ini (QWERTY) sebenarnya adalah salah satu susunan yang paling tidak efisien yang ditujukan agar kita-kita dapat mengetik dengan lebih lambat. Mengapa demikian? Ini dia sejarah susunan keyboard. Hal ini berkaitan dengan sejarah mesin ketik yang ditemukan lebih dulu oleh Christopher Latham Sholes (1868). Saat menciptakan mesin ketik prototype sebelumnya, malah sangat memungkinkan kita untuk mengetik dengan lebih cepat.

Terlalu cepatnya kemungkinan dalam mengetik tersebut, sampai- sampai sering timbul masalah pada saat itu. Seringkali saat tombol ditekan, batang-batang huruf (slug) yang menghentak pita itu mengalami kegagalan mekanik, yang lebih sering diakibatkan karena batang-batang itu saling mengait (jamming). Karena bingung memikirkan solusinya pada saat itu, Christopher Latham Sholes justru mengacak-acak urutan itu demikian rupa sampai ditemukan kombinasi yang dianggap paling sulit untuk digunakan dalam mengetik. Tujuannya jelas, untuk menghindari kesalahan-kesalahan mekanik yang sering terjadi sebelumnya. Akhirnya susunan pada mesin ketik inilah yang diturunkan pada keyboard sebagai input komputer dan pada tahun 1973 diresmikan sebagai keyboard standar ISO (International Standar Organization). 

Keyboard jenis dvorak pertama kali dibuat pada tahun 1936. Nama Dvorak sendiri diambil dari nama penemunya Dr. August Dvorak dan dibantu oleh adik iparnya Dr. William Dealey. August Dvorak merupakan seorang professor di University of Washington di Seattle. Keyboard Dvorak juga disebut American Simplified Keyboard (ASK). Pihak pencipta Dvorak mengklaim bahwa Dvorak menggunakan lebi sedikit pergerakan jari, meningkatkan kecepata mengetik, dan mengurangi kesalahan mengetik jika dibandingkan dengan susunan keyboard QWERTY. Tak hanya itu, susunan Dvorak juga dinyatakan dapat mengurangi gangguan pada bagian tangan dan lengan tertama Carpal Tunnel Syndrome yang sangat berbahaya.

Susunan Dvorak telah diciptakan sedemikian rupa sehingga: kata-kata yang umum dapat diketik dengan menggunakan kedua tangan secara bergantian sehingga dapat mengurangi kelelahan selama mengetik, kebanyakan kata-kata umum diketik menggunakan tangan kanan (berbeda dengan susunan QWERTY yang kebanyakan kata-katanya diketik menggunakan tangan kiri yang merupakan tangan ‘lemah’ bagi kebanyakan orang), huruf/karakter yang paling jaran digunakan diletakkan di baris paling bawah yang paling sulit dijangkau (kebalikan dari QWERTY yang huruf-huruf umumnya diletakkan di baris paling bawah). Namun kata-kata umum yang diaksud disini merupakan kata-kata dalam bahasa Inggris.

Satu-satunya pihak yang mengakui susunan Dvorak adalah American National Standards Institute (ANSI). ANSI telah memberikan standar untuk susunan Dvorak. Dengan standar ini secara ofisial susunan Dvorak telah menjadi alternatif susunan QWERTY. Meskipun dianggap jauh lebih efisien dibandingkan dengan susunan keyboard QWERTY, susunan Dvorak harus mengalah, karena QWERTY telah lebih dahulu dipublikasikan. Sedangkan banyak asosiasi komputer tidak mau mengambil resiko untuk mengganti susunan keyboard, karena dengan menggantinya berarti mereka harus menarik kembali komputer-komputer dengan susunan QWERTY yang telah diluncurkan terlebih dahulu, dan konsumen harus kembali membiasakan diri untuk menggunakan susunan yang baru. Selain itu, alasan Dvorak gagal di pasaran adalah karena susunan ini diluncurkan pada masa banyak pebisnis tidak sumber untuk berinvestasi dalam produk ini.


    Sekarang dah tahu kan asal muasal kenapa diciptakan dvorak, masih mau pakai qwerty? hehehe


    Lalu apakah harus beli keyboard dvorak? ga perlu, lagian keyboard dvorak ga da yg jual di indonesia. Untuk mengubah settingan layout keyboard ada 2 cara yaitu : 

    Cara 1. Agan menuju control panel lalu pilih regional and languange option , pilih menu-tab languange, klik detail, nanti disitu agan add dulu layout dvoraknya dengan mengklik add, akan muncul spt gambar berikut.



    input languange tetap ENGLISH (United States), sedangkan keyboard layout/IME harus diganti ke United States-Dvorak, lalu klik OK.  Nanti dikotak installed services akan muncul pilihan US-Dvorak , lihat lingkaran biru pd gambar dibawah ini. Digambar dibawah tulisannya US-Dvorak-Qwerty karena sebenernya ini gambar buat cara 2, yg penting intinya sama yaitu diganti atau diklik ke yg ada tulisannya dvorak hehehe.



    Lalu agan perlu mengganti default input languange dengan dvorak lihat tanda merah di gambar atas, terus klik OK, selesai.

    Apa kekurangan menggunakan cara 1 ini? tidak semua apikasi otomatis terswitch ke dvorak misal saat buka notepad sudah dvorak tp pas ngetik di browser ternyata masih qwerty, solusinya sebenernya ada yaitu tinggal pencet CTRL+SHIFT maka yg tadinya masih qwerty akan pindah ke dvorak. Tapi kadang solusi ini merepotkan maka dari itu sebaiknya pake cara 2 sebagai berikut.


    Cara 2. Cara kedua ini untuk mengatasi kekurangan di cara pertama, jadi sekali diswitch ke dvorak maka semua aplikasi akan ngikut ke dvorak. Caranya install dulu driver dvorak-qwerty, download disini ,lalu ekstrak dulu, lalu buka folder kbddq_install lalu klik file setup.exe proses install akan berjalan, setelah itu agan menuju control panel lalu pilih regional and languange option , pilih menu-tab languange, klik detail nanti disitu terlihat sudah tersedia menu dvorak tanpa harus klik add seperti cara 1. lalu agan tinggal mengubah bagian yg dilingkari warna merah pd gambar berikut, ubahlah ke US-Dvorak-QWERTY lalu klik OK , selesai. 




    Jadi fisik keyboard agan tetap qwerty tapi hasilnya dvorak. Tentunya agan latihannya harus langsung tanpa melihat keyboard soalnya kalau melihat keyboard malah tambah kacau , lha wong fisiknya qwerty, hehehe 

    Untuk memperlancar dan mempermudah latihan bisa menggunakan bantuan software, dimana softwarenya jg mendukung layout keyboard dvorak. Silahkan baca postingan Software Belajar Ngetik 10 Jari untuk Typers


    Salam Jari Keriting & Happy Earning ^0^
    postingan ini terakhir diupdate tgl 5 Desember 2013

    Tiap postingan materi kerja ngetik captcha di blog ini akan selalu diupdate setiap saat. Untuk materi khusus kerja ngetik captcha yang lebih up to date, silakan anda kunjungi blog zonatyper.com atau bisa juga kunjungi forum para typers di kaskus, link forumnya ada di bagian sidebar blog ini. Dan biasakan juga untuk membaca artikel terkait di bagian bawah postingan ini.  

    Share artikel ini :
    Labels: ,

    Artikel Terkait

    Silakan Berkomentar Melalui Akun Facebook atau Akun Blogger Anda



    20 comments:

    ryoon akbar said...

    agan gunz pake dvorak juga ya? emang bener lebih enak buat captchcay ? ;))

    guns said...

    iya gan, baru 1 bulan , lebih kuat untuk marathon gan , ga cepet cape hehe

    ryoon akbar said...

    ternyata nyoba latihan dvorak aneh juga rasanya, haha

    ane terpaksa kudu berhenti nyapcay dulu :(

    ryoon akbar said...

    ternyata nyoba latihan dvorak aneh juga rasanya, haha

    ane terpaksa kudu berhenti nyapcay dulu :(

    guns said...

    ane kemarin seminggu puasa nyapcai hihihi

    ryoon akbar said...

    gan bdw ane kok pake dvrak malah ngerasa tambah pegel ya? haha :))

    guns said...

    lha ya sama dulu ane jg gtu pas awal2 , dah lumayan putus asa sebenernya hahahaha, tp akhirnya indah pd waktunya

    ryoon akbar said...

    haha, tapi ente hebat lho gan, seminggu udah bisa, ane butuh 10 hari baru bisa agak lancar ;))

    guns said...

    sekarang wpm dvorak ane dah sama ma qwerty sebelumnya , maksimal 20an wpm , sama wpmnya tp beda bgt yg ane rasakan gan, dvorak ini kuat buat marathon ga gampang capek :D

    ryoon akbar said...

    wah, sip gan, agan itu ngetiknya pake ngelihat tuts keyboardnya ga gan?

    guns said...

    ga lihat gan alias blind typing, klw lihat malah kacau gan, lha fisik keyboard ane masih qwerty :D

    ryoon akbar said...

    wah keren gan, ane jadi terinspirasi. Kalo agan bisa berarti ane juga bisa :)

    makasih gan, hehe

    guns said...

    sip , sebagai tambahan , dulu waktu masih qwerti ane belum full blind typing dan belum full 10 jari lho , paling 7 jari aja dan masih sering ngintip , nah sekarang udah dvorak dah full blind ma 10 jari , kuncinya jgn latihan terlalu maksa , klw capek hentikan dan lanjut besoknya , klw dah mulai capek mending stop , istirahat atau tidur krn otak akan merekam secara maksimal saat keadaan tidur
    cemungud :D

    Azka said...

    awal belajar dvorak memang tidak mudah karena sudah terlanjur mainstream dengan qwerty, tetapi ketika sudah menguasai, tangan terasa lebih enak, tidak cepat capek, dan proses belajar ngetik dvorak jauh lebih cepat dibanding qwerty. Saya cukup lancar ketik dvorak dalam waktu 1 bulan. Kalau qwerty saya butuh waktu 2 tahun. *pengalaman pribadi* Tapi sekarang kalau suruh ketik qwerty malah jadi lama :D Selamat mencoba dvorak :)

    guns said...

    wah ada dporak lover jg nih yeeahh :D

    Azka said...

    Saya awal belajar dvorak dari web ini http://www.dvorak.nl
    Pelatihannya sangat membantu saya :)

    Anonymous said...

    kalau colemak gimana ya gan ksh reviewnya dong gan trims :D

    guns said...

    lum pernah pake colekemak gan :D . biasany colekjanda ci :))

    mohammad khoirojileo said...

    ane blum bsa gan!

    guns said...

    semua berawal dr ga bisa gan

    :)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} ~x( :-t b-( :-L x( =))

    Post a Comment

    Jika menggunakan akun blogger, silakan isi komentar di bawah. Jika ingin menampilkan emoticon, cukup copas kodenya yang tertampil di sebelah kanan emoticonnya. Please No Spam, No Porn, No Junk!

    CATATAN. Tampilan komentar di blog ini menggunakan sistem scroll, jika ada postingan yang sudah banyak komentarnya, maka untuk melihat komentar terakhir dari sobat perlu ditarik scrollnya sampai ke bawah, atau jika masih belum muncul berarti ada page berikutnya maka klik "newest" terlebih dahulu baru kemudian tarik scroll-nya ke bawah.

    zonatyper tutorial kerja ngetik captcha
    Langganan Artikel via Email