Tuesday 23 February 2010

Menambah RAM Menggunakan USB Flash Disk

Menambah RAM Menggunakan USB Flash Disk - Mungkin dari judulnya sepertinya menarik, kok bisa USB Flashdisk bisa untuk menambah RAM? Sebenarnya yang dimaksud dalam menambah RAM disini adalah menambah RAM dengan konsep virtual memory. Virtual memory yang biasa kita pakai biasanya mengambil dari space harddisk kita dengan pengaturan tersendiri. Nah sekarang yang dijadikan media virtual memory bukan harddisk tetapi USB flashdisk. Kenapa USB Flashdisk?

Sebelum menjawab itu, ga ada salahnya saya share terlebih dahulu tentang konsep virtual memory. Sistem operasi modern saat ini sudah mengaplikasikan konsep virtual memori atau swap file untuk mengakali keterbatasan kapasitas RAM fisik. Sistem operasi akan memindahkan isi dari RAM ke dalam harddisk ketika kapasitas RAM sudah tidak lagi memadai. Ketika data itu dibutuhkan, barulah data tersebut dimasukkan kembali ke dalam RAM. Sehingga, secara hitungan kasar, memori (RAM) pada sistem adalah hampir tidak terbatas, yakni kapasitas RAM fisik ditambah kapasitas ruang kosong pada harddisk.

Memori virtual ini menyebabkan para pengguna komputer tidak harus memasang RAM yang sangat besar sekali pada komputernya untuk mendukung aktifitasnya, sehingga bisa menghemat pembelian RAM. Namun ada efek samping dari penggunaan harddisk sebagai virtual memory itu sendiri. Yaitu kecepatan akses harddisk tidak secepat RAM, Sehingga, kecepatan komputer akan menurun ketika komputer menggunakan memori virtual ini.

Dari permasalahan tersebut, bagaimana sekarang agar media virtual memory ini diaplikasikan ke perangkat selain hardisk. Dalam hal ini USB Flashdisk adalah salah satunya. Secara konsep dengan menggunakan USB Flashdisk, maka aksesnya lebih cepat daripada harddisk, karena flashdisk tersebut berbasis NAND flash memory yang lebih cepat daripada harddisk mekanik yang masih mengandalkan piringan magnetik.

Untuk menerapkan konsep ini dibutuhkan software khusus seperti eBoostr, yang bisa diinstall bagi para pengguna winXP, untuk win vista sudah ada tool bawaannya yaitu ReadyBoost. Untuk windows 7, saya belum mengetahui aplikasinya atau mungkin sudah build in dengan windowsnya, karena saya belum pernah  mencoba windows 7. Sobat blogger bisa mendownload disini

Cara penggunaan eBoostr sebagai berikut.
  • Setelah didownload,ekstrak filenya lalu install file exe-nya
  • Setelah selesai install, lalu restart 
  • Masuk ke windows lagi, langsung cari file patch-nya (bersamaan satu ekstrakan dengan file .exenya)
  • Setelah dijalankan patchnya maka bahasa program eBoostr akan berubah menjadi bahasa aneh, untuk mengubahnya ke bahasa inggris, cari menu di toolbar atas dengan posisi yaitu menu ke-3 dari kiri (jumlah ada 4 menu). Lalu akan muncul expand menu, klik yang pertama,setelah itu pilih english. Untuk lebih jelasnya lihat gambar dibawah ini.
 


Setelah itu kita mulai mengaktifkan fungsi virtual memorynya, yaitu :
  • colokkan USB Flashdisk , lalu buka eboostr, lalu klik "add" , pilih drive flashdisk kita
  • setting ukuran yang dibutuhkan
  • Lalu klik OK, jika muncul jendela baru, klik "Yes", tunggu sampai proses selesai
  • Setelah selesai, akan muncul jendela baru lagi yang memastikan akan di build cache atau tidak, klik saja "Yes", tunggu sampai selesai prosesnya.
  • Jika sudah selesai maka penempatan virtual memory di flashdisk sudah aktif.
  • Untuk mengoptimalkan, buka menu options pada eBoostr
  • Pilih submenu "applications priority..", akan tampil semua aplikasi di kotak sebelah kanan, drag aplikasi tertentu yang ingin diprioritaskan ke kotak sebelah kiri. Jangan semua di drag ya, yang bener-bener dibutuhkan saja, lalu klik "save".
  • Sekarang buka aplikasi tersebut, dan rasakan perbedaan kecepatan aksesnya.
Catatan.
  • Metode ini akan maksimal efeknya jika diterapkan pada komputer dengan RAM dibawah 1GB
  • Bagaimanapun kecepatan read/writenya jelas masih kalah jika menggunakan RAM fisik, tetapi paling tidak lebih cepat dibandingkan virtual memory-nya harddisk.
  • Gunakan usb flasdisk dan usb port yang sudah mendukung versi 2.0
Selamat mencoba..



    WAJIB BACA!
    Sebuah Penghasilan Online paling realistis dan anti SCAM, bukan bisnis online tapi kerja online. Kerja Online cuma dengan mengetik kode captcha, anda digaji dollar. Silahkan baca postingan kerja online ketik captcha klik disini

    Share artikel ini :
    Labels:

    Artikel Terkait

    Silakan Berkomentar Melalui Akun Facebook atau Akun Blogger Anda



    1 comments:

    Unknown said...

    makasih gan infonya :)


    Kalau ada yang simple kenapa cari yang ribet , Klik sekarang www.serbabayar.com Isi Voucher Pulsa , Token PLN , Maupun Bayar Tag.Listrik Secara ONLINE Lebih Mudah & Cepat. Only at : serbabayar.com

    :)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} ~x( :-t b-( :-L x( =))

    Post a Comment

    Jika menggunakan akun blogger, silakan isi komentar di bawah. Jika ingin menampilkan emoticon, cukup copas kodenya yang tertampil di sebelah kanan emoticonnya. Please No Spam, No Porn, No Junk!

    CATATAN. Tampilan komentar di blog ini menggunakan sistem scroll, jika ada postingan yang sudah banyak komentarnya, maka untuk melihat komentar terakhir dari sobat perlu ditarik scrollnya sampai ke bawah, atau jika masih belum muncul berarti ada page berikutnya maka klik "newest" terlebih dahulu baru kemudian tarik scroll-nya ke bawah.

    zonatyper tutorial kerja ngetik captcha
    Langganan Artikel via Email