Tuesday 23 February 2010

Memperbaiki Bug Firefox (Empty Cache After Crash) Secara Manual

Memperbaiki Bug Firefox (Empty Cache After Crash) Secara Manual - Mungkin banyak para blogger yang sudah kenal dengan browser yang satu ini, termasuk saya sendiri juga menggunakannya. Tapi tidak semua pemakai firefox bisa mengetahui bug besutan mozilla ini, dimana sampai versi yang terakhir (3.6), bug tersebut masih ada. Bug yang dimaksud disini adalah mengapa saat kita browsing menggunakan firefox dan tiba-tiba mati lampu , maka seluruh cache yang ada akan hilang ? selain saat mati lampu juga terjadi saat kita menutup firefox lewat task manager. Ini hanya terjadi saat kita bener-bener online, maksudnya jika terjadi mati lampu tetapi posisi kita tidak mengaktifkan firefox maka cache kita aman-aman saja.
Masalah cache memang sederhana , tapi bagi saya yang memakai koneksi pas-pasan, hal ini akan jadi masalah jika hilang, karena kita harus nge-load lagi dari awal untuk tiap situs yang sudah kita kunjungi, sehingga sangat membuang waktu, mungkin untuk yang memakai "koneksi dewa" masalah ini ga begitu serius. Mengapa hal ini terjadi???

Saat kita membuka browser firefox, maka sistem cache akan terisi bit , sebaliknya saat kita menutup browser maka bit itu akan dihilangkan kembali. Tetapi saat firefox ditutup dengan "paksaan" (misal mati listrik atau lewat task manager), maka sistem cache firefox masih mengingat bit tersebut, sehingga bit tersebut tidak otomatis dihilangkan. Kemudian saat kita buka kembali firefoxnya, firefox akan membaca bit ini (yang seharusnya sudah dibuang), sehingga proses caching akan menjadi invalid, dan akhirnya firefox melakukan proses cache dari awal lagi. 

Untuk mengatasi masalah ini akan saya berikan secara manual penangananya. Tapi perlu diingat, langkah ini harus dilakukan sebelum sobat membuka browser firefox, setelah browser firefox mengalami bad close. Maksudnya, misal firefox kita tertutup secara paksa gara-gara mati listrik, terus setelah kondisi listrik nyala kembali, jangan langsung membuka firefox kembali tetapi ikuti langkah-langkah yang akan dijelaskan disini terlebih dahulu.
Berikut langkah-langkahnya :
  • Sebelumnya download dulu program hex editor Frhed . Program ini bisa didownload  disini
  • Setelah terinstall Frhed, buka program tersebut.
  • Klik "file" lalu "open" , cari tempat cache firefoxnya disimpan. Untuk windows XP, file cache ini akan tersimpan di C:\Documents and Settings\Local Settings\Application Data\Mozilla\Firefox\Profiles\tqpdl69v.default\Cache. Di dalam folder Cache akan ditemui banyak file. Cari file yang namanya _CACHE_MAP_. Setelah itu buka file tersebut dengan Frhed tadi.
  • Setelah dibuka, pada frhed klik "edit" lalu pilih " go to" . Ketikan 15 dan tekan OK. Angka 15 ini adalah lokasi tempat bit itu terisi dalam file _CACHE_MAP_
  • Setelah itu akan terlihat bit 01 dilokasi tersebut, lihat yang dilingkari merah pada gambar berikut (klik di gambarnya untuk memperbesar)
  • Ganti 01 tersebut dengan 00, lalu klik save, setelah itu sobat baru boleh membuka firefoxnya kembali tanpa merusak cache sebelumnya.
Pada prinsipnya bit cache itu akan terisi 01 tiap kita membuka browser firefox, setelah kita menutup browser firefox, bit tersebut akan kembali ke 00 secara otomatis. Tetapi jika proses menutup browsernya secara "paksa" (karena mati listrik atau lewat task manager), maka bit tersebut akan tetap 01, dan ini yang menjadi masalah. 

Semoga tutorial ini membantu para blogger terutama pecandu si rubah api.


WAJIB BACA!
Sebuah Penghasilan Online paling realistis dan anti SCAM, bukan bisnis online tapi kerja online. Kerja Online cuma dengan mengetik kode captcha, anda digaji dollar. Silahkan baca postingan kerja online ketik captcha klik disini

Share artikel ini :
Labels:

Artikel Terkait

Silakan Berkomentar Melalui Akun Facebook atau Akun Blogger Anda



3 comments:

Rizkyzone said...

ini yg sering aq alami pada browser tercinta q mozila, ok sob terima kasig dah d share

Jadilah Top Komentar dan Dapatkan Pulsa Gratis 50 ribu Setiap Bulannya

Guns said...

sama-sama sob ;)

Wira said...

klo di google chrome mohon bantuannya mas,, gimana mengatasinya

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

Jika menggunakan akun blogger, silakan isi komentar di bawah. Jika ingin menampilkan emoticon, cukup copas kodenya yang tertampil di sebelah kanan emoticonnya. Please No Spam, No Porn, No Junk!

CATATAN. Tampilan komentar di blog ini menggunakan sistem scroll, jika ada postingan yang sudah banyak komentarnya, maka untuk melihat komentar terakhir dari sobat perlu ditarik scrollnya sampai ke bawah, atau jika masih belum muncul berarti ada page berikutnya maka klik "newest" terlebih dahulu baru kemudian tarik scroll-nya ke bawah.

zonatyper tutorial kerja ngetik captcha
Langganan Artikel via Email